Film Buya Hamka, Sosok Inspiratif Masyarakat Minangkabau

    Film Buya Hamka, Sosok Inspiratif Masyarakat Minangkabau
    Penyerahan beasiswa Rp 150 juta untuk mahasiswa yang ada diluar negeri

    Jakarta--Falcone Pictures bersama Gebu Minang, Indojalito peduli, Forum Minang Maimbau dan Minang Diaspora Network-Global mengadakan Gala Premier nonton bareng Film Buya HAMKA bersama 800 tokoh dan masyarakat Minang yang diadakan di Cinema Episentrum XXI Jl. H.R. Rasuna Said. Jakarta Selatan, pada Minggu 09 April 2023.

    Acara ini dihadiri oleh tokoh-tokoh Minang dalam dan luar Negeri,   yakni Bapak Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi, Ketua Gebu Minang Bpk Osman Sapta Odang, Dr. Dipo Alam (Mantan Mensesneg),   Prof. Dr. Taufik Abdullah, Prof. Prof. Dr. Fasli Jalal, Prof. Dr. Maizar Rahman, Prof. Dr. Dewi Fortuna Anwar, Prof. Dr. Reni Mayerni (Lemhanas), Afriansyah Noor Wakil Menteri Tenaga Kerja, Guspardi Gaus (DPR RI), Senator Emma Yohana (DPD RI),   Tokoh Jendral TNI Polri berdarah Minang seperti Bpk Mayor Jendral TNI Purn Mazni Harun, Mayjen TNI Purn Jasri Marin, Mayjen TNI Purn Irwan Zaini, Irjen Pol Purn Marwan Paris, Irjen Pol Purn Syafrizal Ahiar, Laksamana Madya TNI Purn Ardius Zainuddin, Laksma TNI Purn Hargianto, Komjen Pol Boy Rafli Amar, Dony Moenoek (Mantan Plt Gubernur Sumbar), Mantan Duta Besar RI untuk Mexico H.E. Yusra Khan, Mantan Wakil Dubes RI untuk Italia Des Alwi, Dr. Nizar Dahlan (Mantan Anggota DPR RI), Zulhendri Chaniago (Mantan Anggota DPR RI), Dr. Iramady Irdja (Mantan Direktur Bank Indonesia), Hj Silvya Djardjis Husman (Pembina MDN), Astri Asgani (Ketua Umum Indojalito Peduli), Firdaus HB (Ketua Forum Minang Maimbau), Artis Ida Leman, Wakil Bendahara Minang Diaspora Yeni Halim serta 800 tokoh dan masyarakat Minang dan digelar selama satu hari penuh dari pagi hingga malam hari.

    Direktur Eksekutif Minang Diaspora Network-Global Burmalis Ilyas menjelaskan bahwa dalam acara ini Minang Diaspora bekerjasama dengan Gebu Minang, IndoJalito Peduli, Forum Minang Maimbau dan Falcone Pictures yang dikomandoi oleh Dr. Yuliandre Darwis yang juga adalah Sekretaris Jendral Minang Diaspora Network-Global dan Wakil Ketua Umum Gebu Minang.

    "Acara ini sangat luar biasa, dan diiringi dengan tari-tarian, serta buka puasa bersama, dan acara ini menampilkan Mata Najwa Talkshow disiang harinya, " jelas Burmalis.

    Dalam kesempatan tersebut Minang Diaspora bersama dengan organisasi lain berkolaborasi mengadakan launching secara simbolis penyerahan beasiswa untuk Mahasiswa Minang Calon Ulama Minangkabau.  

    Ide Fundraising ini dimulai sejak tahun lalu ketika Minang Diaspora bekerjasama dengan KMM (Keluarga Mahasiswa Minang) Mesir mengadakan program Webinar bersama dengan mahasiswa Al-Azhar Mesir, dan kita mengundang tokoh-tokoh ulama seperti Prof. Dr. Azyumardi Azra, Bapak Dr. Anwar Abbas dan Bapak Gamawan Fauzi yang berhasil membeli Gedung Asrama Mahasiswa Mesir.

    "Dari Webinar itu muncul ide fundraising untuk mendukung mahasiswa kita dari luar negeri khususnya yang mendalami Agama Islam yakni calon ulama, " ungkapnya.

    Lanjut dikatakannya, hari ini kita bisa menonton Buya Hamka, untuk itu kita tidak hanya menonton, tapi ada action untuk mendukung lahirnya calon-calon ulama besar dari Minangkabau dan untuk itu kita sudah melakukan fundraising sejak tahun lalu dan mengharapkan agar program ini mendapat dukungan yang besar dari seluruh masyarakat Minang Sedunia.

    "Secara simbolis kita berikan beasiswa untuk 50 mahasiswa sebesar Rp 150 juta rupiah untuk mahasiswa yang ada diluar Negeri , seperti yang kuliah di Al-Azhar, Arab Saudi, Sudan, Turki dan lain-lainnya.

    "Program untuk pemberian bantuan beasiswa untuk mahasiswa ini masih terus berjalan hingga nanti dan itu adalah salah satu program unggulan dari Minang Diaspora, " tutur Burmalis

    Diceritakan Burma , sewaktu Covid-19 dulu kita juga sudah membantu mahasiswa yang ada diluar negeri yang terdampak Covid-19 seperti Mahasiswa Minang di Al-Azhar Mesir dan Sudan dan kita juga memberikan bantuan Covid  se-Sumbar, bantuan kebakaran Pasar Atas Bukit tinggi dan pasar di Balai Belasa Pessel  yang dikoordinir oleh Ibu Yeni Halim.

    "Selain beasiswa untuk calon ulama, . kita juga memberikan Beasiswa Umum untuk siswa dan mahasiswa Minang secara umum dan saat ini sudah berjalan cukup lama dan donasi sudah milyaran rupiah disalurkan. Salah Satu Donatur terbesar dan rutin adalah Ibu Nurhayati Subakat Owner Wardah Cosmetic dan Uda Yendra Fahmi pengusaha Batubara dan Owner Dealer Mercedez Benz Simatupang Jakarta, " imbuh Burmalis.

    Jadi salah satu program utama kita dari Minang Diaspora Network ini adalah pemberian beasiswa.

    Untuk diketahui bahwa Minang Diaspora ini jangkauan organisasinya berskala Global jadi merangkul semua organisasi Minang yang ada diluar negeri seperti Diaspora Minang yang ada di Amerika, Eropa, Australia, Minang Timur Tengah, Minang Asia seperti Minang Malaysia, Singapore dll.

    Kita juga secara global bekerjasama dalam menjalankan program2 MDN seperti program program beasiswa ini, bantuan Covid-19 dan lain sebagainya. Kita melakukan pertemuan Minang sedunia ini pertama kali di Melbourne Australia di tahun 2018.

    Dengan diluncurkannya film Buya Hamka maka berkobar kembali gejolak semangat generasi penerus bangsa untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional dibidang keagamaan.

    (LindaFang).

    bukittinggi sumatera-barat
    Linda Sari

    Linda Sari

    Artikel Sebelumnya

    Pengurus Pusat Gelar Bukber,Buya Syarfi...

    Artikel Berikutnya

    Kejuaraan Cabang Olaraga DBON di Sumbar...

    Berita terkait

    Rekomendasi berita

    Nagari TV, TVnya Nagari!
    Hendri Kampai: Revolusi Penulisan Rilis Berita dengan Bantuan Artificial Intelligence (AI)
    PILPRES, PILKADA, dan Masa Depan Kabupaten  Tanah Datar
    Buka Turnamen Layang-Layang, Rusma Yul Anwar : Bisa Jadi Even Parawisata Tahunan
    Kampanye di hari ke 10, Erman Safar Didampingi Partai Pengusung